Sabtu, 16 April 2016

Membuat Ponsel Android Menjadi Alat GPS Navigasi

Halo goweser! memiliki sebuah alat GPS untuk navigasi atau penunjuk jalan merupakan kebutuhan para pesepeda atau goweser. Karena dengan memiliki alat GPS untuk navigasi dapat membantu kita untuk menunjukkan jalan atau rute yang akan dilalui dan dituju tanpa takut tersesat serta dapat mengetahui jarak dan memperkirakan waktu. Jika ingin tahu tips memilih GPS untuk navigasi bisa baca artikel Tips Memilih GPS untuk Pesepeda yang pernah dimuat sebelumnya. Jika kita lihat harga-harga alat GPS untuk navigasi yang dijual, tentu membuat berpikir ulang untuk membelinya, terutama buat yang kantongnya cekak. Namun ada alternatif lain jika kita ingin memiliki alat GPS untuk navigasi saat bersepeda, yaitu menggunakan telepon genggam atau smartphone berbasis Android. Berikut hal-hal yang harus anda perhatikan jika ingin membuat ponsel Android anda menjadi GPS navigasi;

  • Ponsel atau HP Android anda harus memiliki fitur GPS, karena tidak semua ponsel Android memiliki fitur ini.
  • Pastikan fitur GPS di ponsel Android anda berjenis GPS offline (GPS yang menggunakan satelit). Jenis lainnya adalah GPS online. GPS online adalah GPS yang menggunakan koneksi internet untuk menentukan posisi anda. Tidak ada sinyal dari operator ponsel atau sinyalnya jelek, maka GPS tidak dapat digunakan. GPS offline adalah GPS yang tidak perlu koneksi internet, tidak perlu sinyal ponsel, dan langsung menggunakan satelit-satelit GPS untuk menentukan posisi anda. Untuk memeriksa ponsel memiliki fitur GPS offline atau tidak, nanti akan dibahas di paragraf tersendiri.
  • Unduh dan install program aplikasi GPS untuk navigasi dari Google Play ke ponsel Android anda. Aplikasi GPS navigasi ini juga dua jenis yaitu yang petanya online atau yang petanya offline. Jika peta pada aplikasi tersebut offline berarti kita tidak perlu sinyal dari operator ponsel dan tidak perlu koneksi internet cukup menggunakan satelit. Aplikasi GPS navigasi yang pernah dipakai adalah Navitel Navigator untuk Android. Peta Indonesia harus diunduh dari dari situs www.navigasi.net (Unduh peta Indonesia untuk aplikasi GPS Navitel). Cara unduh-install aplikasi dan peta bisa dicari dengan mudah di internet dengan kata kunci : navitel peta indonesia. Jika Navital dan peta Indonesia sudah terinstall di ponsel Android anda dengan benar, ponsel Android anda sudah menjadi alat GPS untuk navigasi.
  • Alternatif lain aplikasi GPS navigasi adalah Google Map yang sudah tersedia di dalam ponsel Android anda. Tinggal pakai. Yang harus diperhatikan adalah, petanya online, jadi butuh sinyal operator ponsel dan koneksi internet. Sebenarnya menggunakan peta Google Map bisa offline, tapi belum pernah uji coba digunakan di lapangan ...hehehe.
Untuk memeriksa apakah ponsel anda memiliki fitur GPS satelit berikut langkah-langkahnya :
  • Buka : Settings atau Pengaturan.

  • Pilih : Location atau Lokasi.
 
  • Pilih : Mode. Lalu / atau cari teks yang mengandung kata GPS (yang stabilo kuning pada gambar). Jika ada berarti ponsel Android anda memiliki fitur GPS satelit. Namun jika anda menemukan kata WiFi atau mobile networks tanpa ada kata GPS berarti ponsel Android anda tidak memiliki fitur GPS offline (satelit) tapi GPS online yang membutuhkan sinyal operator ponsel dan koneksi internet. Indikasi lain, jika ada pilihan Device Only atau Hanya Perangkat berarti ponsel anda memiliki GPS offline (satelit).

Cara lain untuk mengetahui apakah ponsel Android anda memiliki fitur GPS offline (satelit) adalah dengan mengunduh dan menginstall aplikasi GPS Essentials dari Google Play. Aplikasi tersebut akan menampilkan pemberitahuan jika ponsel Anda tidak memiliki fitur GPS offline.

Semoga berguna... salam gowes!