Jumat, 29 April 2016

Jenis Sepeda Gunung (MTB) Berdasarkan Frame atau Rangka

Jenis sepeda gunung sebenarnya cukup banyak, namun kali ini akan memuat jenis sepeda gunung berdasarkan frame atau rangka sepeda. Umumnya jenis frame sepeda gunung ada 4 yaitu : rigid, soft tail, hard tail, dan full suspension. Berikut foto jenis-jenis sepeda gunung atau MTB berdasarkan frame atau rangkanya. Selain itu dapat juga mengunduh foto-foto tersebut dalam format pdf di akhir artikel.

 

Sepeda gunung rigid memiliki rangka sama seperti sepeda pada umumnya, tidak memiliki suspensi atau shockbreaker / shockabsorber.


Sepeda gunung hard tail hanya memiliki suspensi / shockbreaker pada garpu (fork) depan saja.


Sepeda gunung soft tail hanya memiliki suspensi / shockbreaker pada garpu (fork) depan dan suspensi pada bagian belakang. Namun suspensi belakang hanya berupa frame yang lentur atau fleksibel dan tidak memiliki sendi (pivot) pada frame. Dan gerak suspensi belakang pendek sekitar 1-4 inci.


Sepeda gunung full suspension memiliki suspensi di fork depan dan bagian belakang frame. Suspensi belakang menggunakan per atau udara seperti suspensi depan. Gerak suspensi belakang bisa sampai 8 inci


Salam gowes!